Wednesday, November 23, 2005

'Sogo Jongkok' Parking

Sudah lama saya penasaran dengan mobil-mobil yang sering parkir di jalan antara Hotel Indonesia dan Hotel Wisata (sekarang Hotel Wisata sudah rata dengan tanah dan Hotel Indonesia separuhnya juga sudah bablas. Di kawasan ini sedang dibangun kompleks baru bernama Grand Indonesia). Di pinggir jalan tersebut, yang bukan kawasan parkir, kerap saya lihat puluhan mobil parkir. Mobilnya pun macam-macam. Saya bahkan sering melihat mobil Jaguar, Mercedes terbaru, BMW anyar sampai Range Rover Vouge yang gagah parkir di pinggir sana. Kenapa mereka parkir di sana?

Kemungkinan pertama: supir-supir mencari makan di warung-warung di sekitar situ, sementara bosnya sedang berada di Plaza Indonesia (PI). Anehnya, saya sering lihat mobil tersebut berjam-jam parkir di situ. Berarti si supir selesai makan tidak memarkir mobilnya ke dalam Plaza Indonesia.

Kemungkinan kedua: Selain mencari makan (maupun tidak), supir-supir itu sengaja tidak parkir di PI untuk menghemat uang parkir. Kalau bosnya punya acara sampai 5 jam di sana, berarti si supir berhasil menghemat 8.000 perak (uang parkir 5 jam di PI dikurangi 2.000 perak untuk 'jatah preman' di sana). Uang hasil penghematan boleh dikantongi oleh si supir. Syukurlah kalau begitu. Lumayan kalau bosnya tiap hari meeting/belanja/kongkow di PI. Moga-moga ini dugaan paling betul.

Kemungkinan ketiga: Si supir menjalankan perintah bosnya untuk parkir di sana guna menghemat uang parkir. Tapi hasil penghematan tidak dinikmati si supir. Walau saya tidak mau berpikiran sinis, tapi bukan tidak mungkin kemungkinan tersebut ada. Betapa keterlaluannya. Jangan-jangan benar guyonan yang bilang kalau mau kaya harus pelit. Tapi ya masa sampai musti sepelit itu ya? Wong mobilnya aja milyaran. Kalau benar, edan juga.

Kapan-kapan kepingin nongkrong di warung sana dan ngobrol sama supir-supir sambil 'investigasi' ah!

2 comments:

windede said...

boleh jadi alasannya adalah kombinasi kemungkinan pertama dan kedua. untuk kemungkinan ketiga, mudah2an tidak :p

Ricky Pesik said...

Nanti kalo sudah 'investigasi' tak kabari yang benar yang mana ya, hehe