Sunday, April 22, 2007

Kegembiraan Penggila Apple memang Ga Ada Matinye


Steve Jobs memang pantas ‘diagungkan’oleh para penggila Apple. Karena Apple seperti tak habis-habis memanjakan penggemarnya dengan hal-hal baru yang ‘mencerahkan’. Lebih hebatnya, perkembangan Apple kini bukan lagi sekedar urusan komputer belaka.

Kita tentu masih ingat gebrakan revolusioner iPod yang membuat semua produsen penguasa pasar perangkat audio player kelimpungan habis. Steve Jobs cs nampak akan terus menebar ‘ancamannya’ ke bidang lain. Secara tegas Apple telah memproklamirkan diri tidak lagi berpijak di bidang komputer belaka dengan mencabut nama Computer pada nama perusahaannya.

Tebaran ‘ancaman’ selanjutnya dari Apple kini masuk ke bidang perangkat telekomunikasi. Steve Jobs secara resmi telah memperkenalkan iPhone yang telah mulai dipasarkan di Amerika Serikat awal tahun ini. Inilah perangkat yang mungkin akan segera mengubah peta pasar telepon genggam dunia sekaligus memberi kegembiraan baru bagi setiap penggila Apple.

Seperti karya Apple lainnya, dari tampangnya saja iPhone dapat membuat kita kesengsem berat. Mengusung konsep multi-touch screen yang canggih, desain iPhone jadi simple dan keren tanpa keypad menonjolkan semata-mata layar besar berukuran 3,5 inch. Pas seukuran genggaman tangan. Secara resmi iPhone dikategorikan oleh Apple sebagai kombinasi 3 macam produk: sebuah telepon bergerak yang revolusioner, sebuah iPod berlayar lebar dengan kendali sentuh, dan sebuah terobosan perangkat internet dengan fasilitas desktop. Dengan mengusung sistem operasi Mac OS X, iPhone menjanjikan features desktop dengan kemampuan multi-tasking layaknya di komputer Mac. Plus semua standar kebutuhan koneksi seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Kehebatan desain teknologi iPhone terpamer jelas pada kemampuan advance sensor, dimana layar secara otomatis dapat mengubah diri mengikuti gerak pandang pemakainya. Jadi bila kita ubah posisi layar horizontal ke mata kita, maka secara otomatis layarnya akan berubah menjadi horizontal. Demikian pula sebaliknya. Semua kehebatan iPhone bisa Anda simak lengkap di www.apple.com/iphone/.

Buat para pemakai Mac komputer dan notebook, kehadiran iPhone ini juga – pastinya - akan sangat-sangat mempermudah sinkronisasi data karena sistem operasi dan semua piranti lunaknya persis sama. Saat ini, pasti banyak penggila Apple yang sudah tidak sabar ingin segera memiliki iPhone segera. Seperti penjelasan salah seorang rekan yang mendeskripsikan iPhone sebagai sebuah gadget yang kabar kesaktiannya sudah mampu mensugesti konsumen untuk segera memiliki benda ‘keramat’ ini. Sayangnya, iPhone baru akan dipasarkan di Asia pada tahun 2008. Sementara di Amerika Serikat sendiri, sekalipun iPhone menggunakan GSM, ia masih dijual paket dengan sebuah operator di sana. Jadi penggila Apple masih harus bersabar setahun lagi, kecuali Apple berubah pikiran. Moga-moga saja.

(ditulis untuk free magazine AdDiction edisi 7, Maret 2007)

No comments: