Monday, January 02, 2006

Kantor Saya Juga Punya Resolusi

Satucitra, perusahaan tempat saya bekerja -- tumben-tumbenan -- bikin resolusi yang ingin dicapai tahun 2006 ini.

Apa resolusinya? Jelas bukan nambah billing. Atau nambah profit. Kalau urusan itu, namanya perusahaan ya jelas salah satu tujuan utamanya. Resolusi ini nggak ada urusannya sama ‘isi dompet’ perusahaan. Resolusinya juga sama sekali nggak ada urusannya dengan prestasi kreatif atau award-awardan. Jadi apa dong resolusi Satucitra untuk 2006?

Resolusi yang ingin dicapai Satucitra di tahun 2006 adalah sesuatu yang sudah lama diandai-andai bersama oleh anak-anak Satucitra kalau sedang jenuh badai otak alias brainstorming. Kita pengen punya sebuah fitness center. Bukan sebuah fitness center sekelas klub-klub keanggotaan yang canggih dan lengkap, tapi sebuah ruang khusus yang akan menyediakan beberapa peralatan fitness standar yang bisa digunakan oleh semua karyawan. Beberapa treadmill, sepeda statis, paket barbel dan beberapa peralatan standar lain. Mungkin kurang tepat bila disebut fitness center. Lebih tepat barangkali disebut saja Ruang Olah Raga. Seperti di sekolah.

Resolusi ini memang akumulasi harapan anak-anak kantor. Sebagian anak-anak cewek sedang semangat berombongan ikut aerobik. Sebagian lagi termasuk rombongan jogging ke Senayan. Rombongan jogging yang sering mengistilahkan kegiatan mereka sebagai kegiatan lari ‘dari kenyataan hidup’ ini juga anget-anget tai ayam. Lebih banyak ide dan keinginan dari prakteknya. Makanya bila ada treadmill di kantor tentu mereka tentu akan lebih mudah buat merealisir keinginan buat jogging. Resolusi ini juga didukung oleh kecemasan sebagian anak-anak cowok di kantor yang makin gelisah melihat besaran perutnya. Nah, saya pun ternyata termasuk dalam rombongan terakhir ini, ha… ha… ha…

Jadilah angan-angan ini suatu siang di awal Desember ketika kami sedang duduk ramai-ramai di lobi kantor, tercetus jadi sebuah resolusi. Tempat Ruang Olah Raga Satucitra pun sudah dialokasikan. Tepatnya di ruang depan sebelah kanan lobi, persis di depan taman. Rencananya Ruang Olah Raga ini akan dilengkapi dengan locker, shower room dan tentu saja peralatan. Ruangannya akan ditata sedemikian rupa sehingga anak-anak akan berolah raga sambil menghadap ke taman biar tambah segar (sekilas di foto terlihat tamannya). Lumayan muluk nih angan-angannya.

Resolusi sudah ditetapkan. Cara mewujudkan juga akan menempuh langkah khas Satucitra. Pelan-pelan asal kelakon. Seperti langkah Satucitra membangun jaringan intranet lima tahun lalu yang biayanya bisa jauh di bawah standar kebanyakan perusahaan lain. Juga seperti teknik Satucitra membuat jaringan wi-fi murah meriah untuk seluruh kantor. Urusan membangun Ruang Olah Raga ini juga akan dilakoni dengan cara yang sama. Perusahaan tidak akan membangun sekali gabruk dengan duit seabreg, tentunya. Ruang Olah Raga ini akan dibangun dari hasil ‘keringat’. Artinya, peralatan akan dicicil pelan-pelan kelengkapannya berdasarkan kondisi 'dompet' perusahaan. Yang terpenting, ‘budaya’ sehat pelan-pelan juga bisa tumbuh di kantor kami. Supaya keberadaan Ruang Olah Raga ini kehadirannya juga tidak mengalami – maaf – ‘ejakulasi dini’. Cuma semangat di awal keberadaan, tak berapa lama kemudian cuma jadi pajangan gengsi perusahaan belaka. Ini jauh dari angan-angan kami, sebab Satucitra juga bukan perusahaan yang tajir luar biasa, he… he… he….

7 comments:

Stevie Sulaiman said...

Kalau gym-nya buka dari pagi bisa "memancing" untuk datang ke kantor pagi :-))

Nama ruangannya apa? Jasmanicitra? Hehehe...

Ricky Pesik said...

Conference room mau dinamain TEMUCITRA
'Ruang cantik' mau dinamain TAMUCITRA
Gazebo tengah mau dinamain BALECITRA
Ruang Olah Raga ini mungkin dinamai RAGACITRA
Cuma papan namanya belum ada yang dibuat satupun.
Begitu Stevie, hehehe

genepKENDRA said...

Para Satuan (kalau saya menamai para buruh Satucitra) sudah masuk barisannya GSP (Gendut Sekitar Perut)

Komandannya GSP tetep si Bule Padang ya Pakbos?...hehehehe

Tina said...

Wah, Tinacitra ga ada ya? hehe.. Semoga rencana bikin fitness centrenya bisa terwujud.. amin..

Lam kenal ya...

Ricky Pesik said...

Salam kenal juga. Blog-nya canggih ya...
Selamat menikmati World Cup 2006.
Wah saya iri nih, hehehe

Luigi said...

Dear Ricky,

Nuhun pisan udah sempet di tengok, resolusi baru di tahun baru bsia jadi pemacu semangat, baiknya juga si individu2 didalamnya juga punya resolusi yang mendukung organisasinya, ibarat tim dayung, si canoe adalah perusahaannya dimana si individu bekerja,dayungan seyogranya searah agar si canoe tidak mundur maju, cape udah pasti, si Canoe malah nggak maju2...apalagi dalam oraganisasi besar sperti kita disni, wah repotlah..tidak mudah ama sekali :)

Senengudah bisa mampir kesini, salam kenal dan salam hangat dari afrika barat :)

Ricky Pesik said...

Justru blog saya yang amatiran ini yang mendapat kehormatan dikunjungi oleh seorang peace keeper.

Thanks.

Boleh link blog-nya, kang Luigi?