Friday, July 25, 2014

Sensasi Terbang di Bawah Laut Raja Ampat


Kebanyakan penyelam di dunia akan menjadikan Raja Ampat sebagai destinasi utama. Keragaman bawah lautnya menjadi semacam perpustakaan lengkap tentang kehidupan bawah laut bumi ini. Kekayaan alamnya tidak mungkin kita nikmati sekaligus hanya dengan berkunjung sekali-dua kali saja.

Bagi penggemar fotografi bawah laut, Raja Ampat adalah lokasi terbaik di dunia untuk adagium "Take only pictures and memories... leave only bubbles." Tidak hanya melihat spesies bawah laut yang spesial, kita juga pasti akan mudah menjumpai ribuan ikan berkelompok (school of fish) dan keindahan koral warna-warni yang berjajar rapat dan banyak.

Raja Ampat bukan hanya aset negeri ini. Ia telah menjadi aset dunia. Bekal berharga bumi ini untuk masa depan. Itu sebabnya, di sini, setiap penyelam dianjurkan sudah memiliki kemampuan 'terbang' di bawah laut cukup baik agar tidak mudah menyentuh apapun di dalamnya. Karena 'terbang' melayang mengikuti irama arus bawah laut Raja Ampat adalah sebuah ritual yang luar biasa indah bagi setiap penyelam.


*Tulisan dan foto ini terbit di KOMPAS KLASS, edisi 20 September 2013.